Tuesday, March 20, 2012

Islam Peduli Lingkungan

Judul Buku: Islam Peduli Lingkungan (Modul Suplemen Pendidikan Al Islam Berwawasan Lingkungan untuk SMA, MA & SMK)
Penulis: Fachruddin Mangunjaya dkk
Editor: Muhd. Abdullah Darraz
Penerbit: Maarif Institute, Jakarta
Tahun: 2011
Tebal: viii+180 halaman

Modul seperti ini untuk pertama kalinya dibuat merangkum pemikiran yang agak komprehensip dan praktis tentang Islamic Ethic for the Environtment and Nature Conservation, atau juga disebut dengan Islamic Environmentalism.

Selain pengayaan pada segi Islamic Ethic, buku ini juga meramu tentang kearifan lokal dalam pelestarian alam unsur kekinian terkait lingkungan misalnya tentang pelestarian keanekaragaman hayati dan perubahan iklim.

Kegiatan pelatihan diadakan dengan tajuk: "Training Penguatan Kapasitas Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik Mata Pelajaran Agama dalam Merespon Pemanasan Global dan Perubahan Iklim" diadakan di dua Tempat yaitu di Bandung dan Cirebon--tanggal 22 -24 dan 29-31 Agustus 2011--yang melibatkan guru dan kepala sekolah SMA maupun sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah yang ada di Jawa Barat: Garut, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya, Kuningan dll. Peserta pelatihan, menurut pihak Maarif adalah mereka yang lulus seleksi setelah mengirimkan jawaban atas pertanyaan yang dikirimkan dalam undangan pada sirkulasi pengumuman pertama kegiatan.

Berita Terkait:

Guru, Kepala Sekolah dan Perubahan Iklim



Link Terkait
:

No comments:

Post a Comment